Duta Genre Jateng Beri Dampak Positif bagi Remaja

SEMARANG - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jateng kembali menggelar pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) 2018 di MG Setos, Jl Gajahmada, Semarang, kemarin. Kegiatan itu merupakan tahun ke-9 dan dari hasil evaluasi atas penyelenggaraan pemilihan Duta Genre tahun-tahun sebelumnya memberi dampak positif untuk remaja.

“Para Duta Genre ini diharapkan menjadi duta untuk teman sebaya, karena dengan usia sebaya bisa lebih mengena dibandingkan orang tua yang memberikan nasihat,” kata Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga BKKBN Jateng, Solikhul Hadi di sela-sela acara.

Dikatakan, Duta Genre (remaja usia 16 tahun hingga 22 tahun) tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dari BKKBN untuk menyiapkan kehidupan keluarga bagi remaja.

Dengan demikian mereka mampu melangsungkan hidup secara terencana baik itu pendidikan, pekerjaan, serta rencana berkeluarga yang juga terencana.

“Peserta Duta Genre berasal dari kabupaten/kota dan mereka memiliki talenta yang luar biasa untuk melakukan sosialisasi mengenai generasi emas yakni remaja yang bebas narkoba, memiliki pola hidup sehat, memiliki cita-cita tinggi, aktif di masyarakat, dan memiliki perencanaan dalam berkeluarga,” papar Solikhul Hadi.

Kegiatan program Genre tersebut, lanjut dia, menitikberatkan pada promosi pendewasaan usia perkawinan, penyediaan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya melalui Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja/mahasiswa.

Selain itu, promosi perencanaan kehidupan berkeluarga yang dikemas dalam bentuk sosialisasi program yang ramah remaja, dari, oleh, dan untuk remaja.

Dalam ajang tersebut, juara favorit pada seluruhnya berasal dari Kabupaten Jepara baik untuk peserta jalur pendidikan dan jalur masyarakat.

Juara favorit jalur pendidikan putra diraih M Jafar Shoddiq Muchtar, juara favorit jalur pendidikan putri (Melati Puspitasari), juara favorit jalur masyarakat putra (Muhammad Rokhyan RA), dan juara favorit jalur masyarakat putri (Nikmatul Kholidah).

Sementara untuk juara Duta Genre Provinsi Jawa Tengah 2018 terpilih juara pertama dari jalur pendidikan putra (Aga Fitra Safawi dari Kabupaten Wonosobo), juara dua (Galih Yoga Saputa dari Kabupaten Banyumas), dan juara tiga (M Jafar Shoddiq Muchtar).

Sedangkan jalur pendidikan putri, juara pertama (Valen Hadi Putri dari Kabupaten Banyumas), juara kedua (Chyntia Novalinda dari Kabupaten Magelang), dan juara ketiga (Indha Puspaningrum dari Kabupaten Temanggung).

Pada jalur masyarakat putra, juara pertama Duta Genre 2018 diraih Ahmad Khoirul Abid (Kabupaten Batang), juara kedua (Muhammad Rokhyan R.A dari Kabupaten Jepara), dan juara ketiga (Nashih Ulwan Ardhana dari Kabupaten Semarang).

Jalur masyarakat putri, juara pertama Duta Genre 2018 diraih (Atika dari Kabupaten Brebes), juara kedua (Adhini Adha Elfindra dari Kabupaten Banjarnegara), dan juara ketiga (Widyaning Dara Utami dari Kabupaten Purbalingga)

 

Statistik Pengunjung

#BerencanaItuKeren
#JoKawinBocah

Kontak Kami

Jl. T. Jogonegoro No 13 Wonosobo
Phone: (0286) 321339
Email: dppkbpppa@wonosobokab.go.id / badankbwonosobo@gmail.com
Website: https://dppkbpppa.wonosobokab.go.id