8 FUNGSI KELUARGA

1. Fungsi Agama:

Fungsi pertama yang terdapat dalam sebuah keluarga adalah fungsi agama. Dari keluarga kita dikenalkan dan diajarkan tentang keberadaan Tuhan yang maha esa, dan diajarkan cara beribadah yang benar. seperti misalnya, bagi keluarga yang memeluk agama islam, pada telinga setiap bayi yang baru lahir akan dilantunkan adzan  ditelinga kanan dan bacaan iqomah di telinga kiri. Jadi fungsi yang pertama dalam keluarga adalah fungsi agama, karena pendidikan awal mengenai agama terdapat didalam keluarga.

2.  Fungsi cinta dan kasih sayang: 

Fungsi Cinta kasih mempunyai  makna bahwa keluarga harus menjadi tempat untuk menciptakan suasana cinta dan kasih sayang dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam kehidupan keluarga cinta kasih dan kasih sayang antara anggota keluarga akan dapat  menumbuhkan rasa bertanggung jawab terhadap keharmonisan keluarga tersebut, Sehingga  Setiap anggota keluarga akan selalu menjaga komitmen yang telah dibuat bersama, demikian juga dalam kehidupan bermasyarakat, dengan fungsi ini akan  menumbuhkan keharmonisan dalam  bermasyarakat

3. Fungsi Sosial dan Budaya: 

Dalam fungsi sosial dan budaya, keluarga berperan sebagai tempat  pembinaan dan penanaman nilai-nilai luhur budaya yang selama ini ada dalam tata kehidupan mereka.  sehingga nilai luhur yang selama ini sudah ada  dalam kehidupan bangsa tetap dapat dipertahankan dan dipelihara.

4. Fungsi Perlindungan

keluarga harus menjadi wahana yang mana dapat menciptakan  suasana aman, nyaman, damai dan adil bagi seluruh anggota keluarganya. Sehingga setiap anggota keluarga akan selalu merasa bahwa tempat yang paling baik dan pantas adalah didalam lingkungan keluarganya sendiri., dan Ini tentu sangat membantu dalam menghadapi  segala masalah yang muncul dalam kehidupannya.

5. Fungsi Kesehatan Reproduksi

Masih ada yang menganggap, pendidikan mengenai reproduksi, alat vital dan berbagai hal yang menjurus ke arah sex merupakan hal yang tabu dan ‘porno’. Namun itu salah. Pemahaman mengenai reproduksi sangat lah penting bagi setiap anak, karena hal itu dapat membentengi diri nya dari hal-hal yang buruk dan tidak diinginkan. Seperti pelecehan seksual. Dan keluarga merupakan garis start awal dalam memberikan pemahaman mengenai alat reproduksi, cara kerjanya, cara merawatnya, dan bagaimana ketika sudah memasuki masa remaja.

6. Fungsi Lingkungan

keluarga memiliki peran penting dalam  menciptakan warganya yg mampu hidup harmonis dengan  lingkungan masyarakat sekitar dan alam, dalam bentuk   keharmonisan antar anggota keluarga, keharmonisan dengan  tetangga serta keharmonisan terhadap alam sekitarnya.

7. Fungsi Ekonomi 

keluarga adalah tempat  membina kualitas kehidupan ekonomi, dan kesejahteraan keluarga. Setiap anggota keluarga punya kewajiban yang sama untuk melakukan kegiatan yang akan menambah kesejahteraan keluarga. Ini mempunyai makna bahwa seluruh anggota keluarga dapat bersikap ekonomis , relistis dan mau berjuang untuk peningkatan kesejahteraan keluarga.

8. Fungsi Sosialisasi Pendidikan

keluarga adalah salah satu tempat  paling baik dalam proses sosialisasi dan pendidikan bagi anak-anaknya. Pendidikan dalam keluarga ini  sebetulnya adalah pendidikan inti yang  menjadi fondasi untuk perkembangan anak.

 

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi

  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T. Jogonegoro No 13 Wonosobo
Phone: (0286) 321339
Email: dppkbpppa@wonosobokab.go.id / badankbwonosobo@gmail.com
Website: https://dppkbpppa.wonosobokab.go.id